Sidasari - Sidaurip - Gandrungmangu - Cilacap - Jawa Tengah (53254) Salam dari desa!

Sabtu, 25 Januari 2014

Peta Bahaya Tsunami Untuk Pesisir Cilacap dan Kebumen

بسم الله الرحمن الرحيم

Peta Daerah Rawan Tsunami Cilacap
Alhamdulillah 'alaa kulli haal, gempa yang terjadi hari ini 25/01/2014 di Kebumen menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan Tsunami (detik.com). Walaupun guncangannya cukup kuat, namun tidak begitu banyak menimbulkan kerusakan. Menurut berita hanya ada beberapa bangunan yang rusak di wilayah sekitar Kebumen.
Mendengar ada kabar telah terjadi gempa di Kebumen, saya yakin wilayah Cilacap yang berdekatan juga terdampak. Minimal masyarakat ikut merasakan guncangannya. Bahkan kabarnya getarannya terasa sampai ke Jakarta, tetapi saya pribadi yang sedang di Bekasi tidak merasakan. Ketika saya kecil di Sidasari-Sidaurip juga pernah beberapa kali merasakan lindu (gempa), tetapi guncangannya tidak terlalu kuat. Dulu sering diceritani sama orang-orang katanya kalau lindu itu terjadi karena Naga yang di dalam bumi sedang ngulet, dilomboni hahaha... Terus ada sesuatu yang unik jika terjadi lindu, yaitu kalau ada yang punya ayam sedang masa bertelur atau mengeram, maka telurnya biasanya akan diambil untuk dimasak. Karena katanya kalau dibiarkan dierami tidak akan menetas alias ndog goblog.

Lindu di wilayah pesisir selatan pulau Jawa katanya memang hal yang sudah biasa. Maksudnya karena wilayah tersebut secara geografis merupakan daerah yang rawan gempa, termasuk Cilacap. Bahkan juga termasuk rawan bahaya tsunami jika gempa yang terjadi berkekuatan besar dan berpusat di laut. Seperti tsunami yang menerjang Cilacap dan Pangandaran pada tanggal 17 Juli 2006, mengakibatkan kerusakan parah dan korban jiwa yang cukup banyak (antarajateng.com). Ketika peristiwa itu terjadi saya juga tidak sedang di rumah, tetapi sedang naik sepur dalam perjalan pulang dari Bekasi ke Sidasari-Sidaurip. Alhamdulillah waktu itu Sidasari-Sidaurip ternyata aman.


 Daerah bahaya Tsunami di Cilacap telah dipetakan melalui kerja sama riset GITEWS - German-Indonesia Tsunami Early Warning System - (solopos.com). Hasilnya dalam situs gitews.org telah dirilis peta bahaya, peta resiko dan peta evakuasi tsunami. Dusun Sidasari-Desa Sidaurip memang bukan termasuk yang beresiko tinggi terdampak tsunami, tetapi dapat menjadi daerah yang tergenang. Berikut ini beberapa peta sangat berguna (klik kanan pada gambar, pilih view image untuk memperbesar):
Semoga bermanfaat, matur nuwun. (AH)

Location: Sidaurip, Gandrungmangu, Cilacap, Central Java, Indonesia

2 komentar:

  1. punya peta curah hujan kabupaten cilacap ngga mas?

    BalasHapus
  2. coba cek di http://sidasari-sidaurip.blogspot.com/2014/01/peta-pertanian-wilayah-cilacap-dan-jawa.html

    BalasHapus

 
Terima kasih atas kunjungannya. Kritik, saran, informasi dan lain-lain dapat dikirimkan melalui kontak yang tersedia