Sidasari - Sidaurip - Gandrungmangu - Cilacap - Jawa Tengah (53254) Salam dari desa!

Selasa, 31 Desember 2013

Panen Sadon 2013

بسم الله الرحمن الرحيم

 Ini adalah dokumentasi saya saat panen sadon tahun 2013. Alhamdulillah, musim panen bagi petani di Sidasari-Sidaurip kali ini mulai berlangsung sekitar bulan Agustus, bertepatan dengan moment Hari Raya Idul Fitri 1434H. Di Sidasari-Sidaurip musim tanam dan panen hampir tidak pernah serempak, akan tetapi selalu dimulai dari daerah sebelah utara terlebih dahulu. Hal itu mungkin dikarenakan aliran irigasi yang mengarah dari utara ke selatan. Sehingga lahan persawahan yang berada di daerah utara lebih dulu terairi, baru kemudian daerah yang di selatan. Dengan begitu tentu saja yang di utara juga lebih dulu memulai tanam padi, matun, nyemprot, mratak dan panen. Bahkan sudah biasa terjadi ketika sawah-sawah di daerah selatan seperti di permohonan baru mulai panen, sawah-sawah di bagian utara justru sudah mulai musim tanam baru. Memang begitulah jalannya, kita bersyukur dapat memanen yang kita tanam.

Berikut ini dokumentasi di sawah wetan ndesa, pinggir kali Apur:





 
Yang berikut ini dokumentasi di persawahan kulon ndesa, pinggir Solokdungun. Tampak petani terbiasa membakar damen (jerami) setelah dipanen. Padahal menurut informasi yang saya tahu, pembakaran di lahan dapat mengurangi unsur hara penting pada tanah. Di daerah lain pun, jerami padi dimanfaatkan untuk pakan ternak Sapi atau dibuat pupuk kompos. Mudah-mudahan di Sidasari-Sidaurip pun dapat segera menirunya.







Dan yang ini adalah persawahan dibagian selatan dekat Tumpangsari, belum lama selesai tanam disaat sawah-sawah di sekitar Sidasari-Sidaurip sudah mulai panen.



Semoga bermanfaat, matur nuwun.
Location: Sidaurip, Gandrungmangu, Cilacap, Central Java, Indonesia

0 comments:

Posting Komentar

 
Terima kasih atas kunjungannya. Kritik, saran, informasi dan lain-lain dapat dikirimkan melalui kontak yang tersedia